Kompas.com - 19/09/2012, 14:31 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Saya memiliki anak berusia 8 tahun. Berat badannya termasuk gemuk yaitu sekitar 50 kilogram.  Anak saya juga kerap tidur mendengkur, meski tidak sampai keras.  Apakah kebiasaan ngorok ini membahayakan? Apa mungkin juga hal ini disebabkan oleh berat badannya yang besar.  Perlukah anak saya diperiksakan di Sleep Clinic untuk mendapatkan kepastian penyebabnya? 

(Ema, 32, Tangerang)

JAWAB :

Ibu Ema yth, mendengkur pada anak seringkali disebabkan karena amandel/ tonsil yang besar, tetapi bisa juga disebabkan karena berat badannya yang berlebihan /obese. 

Sebaiknya, memang anak Ibu melakukan sleep study di Sleep Clinic kami. Apabila dalam pemeriksaan awal didapatkan amandel yang membesar, maka dokter di sleep clinic akan menyarankan agar anak Ibu melakukan konsultasi lanjut dengan dokter THT agar diketahui penanganan selanjutnya yang perlu dilakukan.

Semoga ini dapat menjawaban pertanyaan ibu.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja
Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.