Kompas.com - 25/09/2012, 10:58 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Ketika seorang wanita mengalami menopause atau terhentinya siklus menstruasi yang berkaitan dengan bertambahnya usia secara fisiologis, bukan berarti kehidupan seksnya berakhir. Tak sedikit dari mereka yang justru gairah seksualnya semakin menggelora di usia 50 tahun ke atas.

Bila Anda mampu menjaga kondisi kebugaran dan kesehatan dengan baik, pertambahan usia dan perubahan fisiologis seperti menopause bukanlah alasan yang membuat kehidupan seksual harus meredup. Setidaknya ada 7 alasan mengapa seks tetap menyenangkan meski telah memasuki masa menopause.

1. Tidak terganggu

Saat usia Anda dan pasangan sudah 50 tahun ke atas, hubungan intim relatif tidak menemui banyak gangguan. Gangguan itu berupa siklus bulanan atau menstruasi, juga tida terganggu akan keberadaan anak-anak di rumah. "Anda bahkan bisa berhubungan seks di setiap ruangan di rumah," kata Irwin Goldstein, MD, Direktur San Diego Sexual Medicine di Rumah Sakit Alvarado. "Dengan demikian, Anda akan memiliki kehidupan seks yang luar biasa," imbuhnya.

2. Tak khawatir hamil

Seks di usia 40 tahun masih memiliki risiko kehamilan. Margaret E Wierman, MD, ahli fisiologi dan biofisika di University of Colorado Health Sciences Center di Denver, mengatakan, semua kekhawatiran itu hilang setelah wanita mengalami menopause. Anda tidak lagi memikirkan pil kontrasepsi, IUD, kondom, dan alat pencegah kehamilan lainnya.

3. Waktu berkualitas

Setelah usia 50 tahun ke atas, hubungan seks tidak akan terganggu karena tangisan anak atau mereka membangunkan Anda di tengah malam. Anda dan pasangan kini memiliki waktu yang sangat berkualitas, kata Amanda Richards, MD, seorang ahli kebidanan dan ginekolog dari Universitas Miami’s Miller School of Medicine. "Anak-anak jadi lebih mandiri, dan mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk dirinya dan hubungan mereka sendiri," ujarnya.

4. Tahu apa yang Anda mau

Menopause kadang menjadi waktu yang sangat menentukan bagi para wanita. Banyak dari mereka menyadari telah menempatkan seksualitas pada urutan paling akhir. "Jika mereka tak lekas menggunakannya, mereka akan kehilangan segalanya," kata Dr Richards.

"Ada data menyebutkan, wanita seharusnya tidak mengurangi waktu untuk dirinya sendiri seiring bertambahnya usia. Waktu luang ini akan membuat mereka lebih rileks dan nyaman, juga meningkatkan fungsi seksual dan hubungan intim," ujar Dr Wierman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.