Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Lokasi Tidur Siang Favorit Anda?

Kompas.com - 01/10/2012, 10:37 WIB

KOMPAS.com - Tahukah Anda, tidur siang selama 20 sampai 40 menit dapat membuat mood Anda lebih baik, kewaspadaan, daya konsentrasi, dan koordinasi Anda juga meningkat? Namun, haruskah di kamar tidur?

Tentu saja, Anda tidak perlu kembali ke kamar tidur. Anda hanya perlu menciptakan "zona tidur" yang dapat difungsikan sebagai ruang keluarga atau ruang bersantai. Jika Anda cukup beruntung bisa tidur siang, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk membuat "area tidur" di rumah Anda:

Temukan lokasi

Temukan lokasi yang tepat di sudut rumah Anda. Cobalah cari lokasi yang sepi dengan cukup sinar matahari.

Dukungan dari lokasi

Kehadiran white noise atau suara-suara yang dapat menenangkan Anda akan sangat membantu. Kicauan burung atau deburan ombak akan sempurna menemani tidur siang Anda. Karena itu, lokasi dekat jendela mungkin cocok untuk Anda.

Ciptakan "sangkar"

Ciptakan "sangkar" untuk diri Anda sendiri. Gunakan selimut tipis dan banyak bantal. Anda juga dapat menggunakan gorden untuk memisahkan tempat tidur siang Anda dengan ruangan lain. Pastikan Anda menjauhkan diri dari televisi, telepon seluler, dan hal-hal lain yang dapat mengganggu ketenangan Anda.

Warna yang tepat

Kelilingi diri Anda dengan warna biru. Biru seringkali diasosiasikan dengan ketenangan dan dipercaya menghasilkan efek menenangkan. Warna-warna lembut, terutama biru, baik untuk koneksi pikiran dan tubuh.

Pengharum praktis

Setelah menciptakan "sangkar" untuk diri Anda sendiri, pastikan Anda juga memberikan keharuman yang tepat. Gunakan pengharum lavender pada seprai, sarung bantal, dan selimut Anda. Hal ini jauh lebih aman daripada menggunakan lilin aromaterapi.

(Sumber: http://www.houzz.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com