Kompas.com - 03/10/2012, 10:55 WIB
EditorDini

T:
Assalamualaikum, selamat siang Ibu Ainy yang cantik. Perkenalkan, saya Vietri, seorang karyawan swasta yang bergerak di bidang perdagangan. Yang mau saya tanyakan adalah dari awal saya bekerja sampai saat ini, saya selalu bekerja dalam ruang lingkup pemasaran (marketing). Sedangkan saya belum merasa mampu dalam bidang tersebut. Apakah pekerjaan saya tersebut ada keterkaitannya dengan pengembangan diri saya di masa yang akan datang? Saya pun belum tahu potensi yang ada dalam diri saya. Terima kasih atas kesediaan Ibu Ainy untuk menjawab pertanyaan saya. (Vietri, 25, Ciamis)

J:
Mbak Vietri yang luar biasa,
Sebenarnya, apa yang membuat Anda merasa belum mampu bekerja di bidang marketing? Apakah Anda merasa belum mampu karena Anda kurang menyukai pekerjaan marketing? Tahukah Anda setiap manusia memiliki kemampuan untuk memberikan yang terbaik dari dirinya dalam melakukan setiap pekerjaan, apa pun itu. Termasuk kita, saya dan Anda. Uniknya, kemampuan ini akan kita rasakan hanya jika kita berusaha memberikan yang terbaik dari diri kita. Apa maksudnya?

Bahwa, setiap kali kita melakukan sesuatu yang terbaik, di situlah kita akan menemukan kemampuan diri kita. Jadi, antara kemampuan diri dengan melakukan yang terbaik ini sangatlah erat kaitannya. Berita baiknya adalah, untuk dapat melakukan yang terbaik rahasianya adalah mencintai pekerjaan tersebut. Artinya, apa pun jenis pekerjaan itu, lakukanlah dengan penuh cinta. Karena ketika kita mencintainya, rasa bangga terhadap pekerjaan tersebut akan tumbuh dengan sendirinya.

Seperti halnya ketika Mbak Vietri jatuh cinta pada seseorang. Saat jatuh cinta, Mbak Vietri akan memberikan yang terbaik kepada orang tersebut, bukan? Ketika jatuh cinta dengan seseorang, Mbak Vietri merubah kata "tidak bisa" menjadi "bagaimana caranya agar saya bisa". Begitu juga ketika Mbak mencintai pekerjaan Mbak sekarang di bidang marketing. Ketika Mbak mencintainya, maka Mbak akan berusaha sekuat tenaga untuk bekerja yang terbaik. Dan rasa bangga itu akan muncul dengan sendirinya di dalam diri Mbak Vietri.

Jadi, apa yang perlu Mbak lakukan? Tiga langkah sederhana berikut ini akan sangat membantu Mbak menjadi seorang Vietri yang ahli di bidang marketing:

a. Kenali potensi diri Anda lebih baik
. Caranya? Jawablah beberapa pertanyaan berikut ini dengan jujur:
* Apa sajakah kelebihan Anda selama ini? Jika Anda merasa kesulitan mengenal kelebihan Anda, kenali apa saja yang orang lain sukai dari diri Anda (bukan secara fisik). Anda juga bisa mengenalinya dengan cara mengingat kembali apa sajakah yang Anda sukai selama ini?
* Bagaimana dengan kekurangan Anda? Apa sajakah itu?  Jika Anda merasa kesulitan mengenali kekurangan Anda, kenali apa sajakah yang selama ini orang lain sarankan kepada Anda? Termasuk mengenali apa sajakah yang kurang Anda sukai selama ini.

b. Cintai pekerjaan Anda
* Sebagai marketing, sudahkah Anda mengenal produk Anda dengan baik termasuk manfaat dan kelebihannya?
* Sudahkah selama ini Anda bekerja dengan sepenuh hati? Jika jawabannya ya, berilah contohnya. Jika Anda merasa belum memberikan yang terbaik, mengapa?
* Apa yang Anda rasakan ketika melihat klien Anda senang atas produk dan layanan Anda?

c. Apresiasi diri
Mengapresiasi diri sendiri sangatlah penting, khususnya dalam membangun kepercayaan diri. Ketika Anda mampu mengapresiasi diri, Anda terdorong untuk melakukan yang lebih baik. Yang dimaksud mengapresiasi diri di sini adalah mengenali dengan baik tentang kebaikan-kebaikan yang telah Anda lakukan selama ini di pekerjaan Anda. Lihatlah dari hal yang paling sederhana.

Lalu syukuri. Ucapkan "Alhamdulillah" jika Anda seorang Muslim, atau berdasarkan agama Anda jika Anda non Muslim. Ucapkanlah dengan sepenuh hati dan rasakan perubahan positifnya dalam diri Anda.

Selamat melangkah!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Motivator & Coach
Penulis "Dahsyatnya Kemauan"

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.