Kompas.com - 08/10/2012, 14:57 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Hampir semua jenis barang sekarang ini bisa kita beli melalui internet, termasuk obat-obatan. Namun sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam membeli obat karena praktik penjualan obat ilegal di internet semakin marak.

Data di Amerika Serikat menunjukkan, lebih dari 90 persen situs yang menjual obat ternyata ilegal. Temuan sama juga dilaporkan oleh Badan POM yang menemukan 83 situs yang memasarkan obat ilegal dan obat palsu. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding tahun lalu.

Obat ilegal yang paling banyak dipasarkan antara lain adalah obat disfungsi ereksi, obat pelangsing, serta peningkat gairah perempuan.

Membeli obat melalui internet memiliki risiko yang besar karena obat yang dijual mungkin palsu, sudah kedaluwarsa, obat tercemar, obat yang tidak disetujui oleh badan pengawas obat yang berwenang, atau obat yang tidak aman bagi pasien.

Saat ini beberapa apotek besar memang sudah memiliki sistem penjualan online. Tetapi sebaiknya Anda tetap berhati-hati membeli obat yang akan dikonsumsi.
Berikut adalah beberapa tips membeli obat di internet seperti dilansir situs kesehatan WebMD:

- Waspadai situs yang menjual obat-obatan tertentu tanpa resep dokter.

- Jangan percaya pada situs yang menjual obat dengan harga sangat murah.

- Jangan percaya pada email spam yang memberikan penawaran obat-obatan murah.

- Apotek yang resmi akan mencantumkan alamat fisik dan nomor telepon yang bisa dihubungi dalam situsnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.