Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2012, 07:21 WIB

TANYA :

Dear dokter Citra, benarkah makan keju itu berkhasiat untuk kesehatan gigi, bahkan ada yang menyebut keju sebagai pasta gigi alami?  Pengalaman saya kalau memakan keju malah membuat gigi tidak nyaman karena keju menempel pada sela-sela gigi.  Bukankah makanan yang menempel pada sela gigi akan menyebabkan plak dan memicu karies gigi atau gigi berlubang? Bagaimanakah informasi yang sebenarnya, apakah keju itu bermanfaat bagi kesehatan gigi atau malah merugikan? Salam.

(Kusnadi, 26, Bogor)     


JAWAB :

Hai Kusnadi yang baik, pertanyaannya sangat menarik.

Tepat sekali informasi yang anda dapat, bahwa keju bermanfaat bagi kesehatan gigi. Namun pehamaman anda mengenai keju sebagai pasta gigi alami, perlu diperbaiki.

Keju merupakan salah satu produk susu yang memiliki kemampuan menghambat kelarutan email gigi. Hal ini disebabkan karena keju dapat merangsang aliran air ludah dan menetralisir asam di dalam rongga mulut, serta lemak yang terkandung di dalam keju dapat menghalangi menempelnya plak dan mengurangi bakteri pada permukaan gigi. Makanan lainnya yang memiliki kemampuan seperti keju antara lain susu dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Jadi, sepotong kecil keju yang dimakan setelah makan dan atau minum minuman asam, merupakan salah satu cara untuk membantu melindungi email gigi anda. Tentu saja supaya kesehatan rongga mulut anda lebih optimal, tetap harus didukung oleh kebiasaan lain seperti menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluor, meningkatkan asupan air minum anda (minimal 8 gelas sehari), dan menggunakan obat kumur jika diperlukan.

Demikian Kusnadi, semoga informasinya bermanfaat.

Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com