Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2012, 06:32 WIB

TANYA :

Dok. saya mau tanya tentang istri saya yang fisiknya gemuk. Pada saat melakukan hubungan intim, saya merasa tidak dapat memberikan kepuasan yang maksmal. Begitu juga istri saya sulit sekali untuk dirangsang, karena pada saat melakukan hubungan istri saja melakukannya biasa-biasa saja. Pertanyaan saya, apakah betul perempuan yang gemuk sulit untuk dirangsang? Bagaimana membuat istri saya lebih merangsang dalam pada saat bercinta? Terima kasih atas perhatiannya. 

(Arif Permadi, 27, Pamekasan)

JAWAB :

Kalau benar istri Anda gemuk, ada tiga hal berikut yang perlu diperhatikan. Pertama, kegemukan mungkin berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon. Kedua, mungkin juga berkaitan dengan penyakit tertentu. Ketiga, kegemukan menimbulkan hambatan dalam bergerak dan melakukan aktivitas fisik.

Ketiga Hal tersebut dapat mengganggu fungsi seksual, baik pada pria maupun perempuan. Kalau salah satu apalagi ketiga hal tersebut terjadi pada istri Anda, maka wajar istri Anda mengalami gangguan fungsi seksual.

Saya tidak tahu apa yang Anda maksud dengan "sulit terangsang". Apakah dia tidak punya gairah seksual ataukah dia punya gairah seksual tetapi mengalami hambatan dalam reaksi terhadap rangsangan seksual. Tetapi apapun yang dia alami, yang pasti adanya ketidakseimbangan hormon dan penyakit tertentu dapat mengakibatkan gangguan fungsi seksual tersebut. Jadi untuk mengatasi masalah istri Anda, langkah berikut harus dilakukan.

Pertama, pastikan dulu apa yang dia alami. Kedua, tentukan penyebab kegemukan dalam kaitan dengan ketidakseimbangan hormon dan penyakit tertentu, selain gaya hidup yang tidak sehat. Ketiga, dapatkan pengobatan yang tepat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com