Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2012, 10:12 WIB

Kompas.com — Tingkatkan rasa bahagia dalam hidup Anda dengan rutin mengasup makanan sehat seperti buah dan sayuran segar. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, jumlah yang dianjurkan adalah 80 gram buah dan sayur setiap hari.

"Kekuatan buah dan sayur bagi tubuh sangat mengejutkan. Selama ini pola makan kurang diperhatikan efeknya pada kenyamanan dan kesejahteraan mental," kata Sarah Stewart-Brown, profesor di Universitas Warwick, yang melakukan penelitian ini.

Para dokter gizi sudah lama menganjurkan agar kita mengasup sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Konsumsi sumber serat tersebut dikaitkan dengan kesehatan pencernaan hingga menekan risiko diabetes.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Stewart-Brown ini digunakan data hasil survei terhadap 80.000 orang di Inggris Raya antara 2007 dan 2010. Para peneliti menilai kesejahteraan mental para partisipan dengan melihat faktor tingkat kebahagiaan, kecemasan, dan bagaimana mereka menilai kesehatan mereka sendiri.

Hasilnya ditemukan kaitan antara kesehatan mental dan konsumsi tujuh porsi buah dan sayuran setiap hari. "Hasil penelitian ini konsisten dengan kebutuhan akan tingginya konsumsi buah dan sayur dengan kesehatan mental," tulis peneliti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com