Kompas.com - 16/10/2012, 12:44 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Seberapa penting manfaat tidur untuk anak? Tidak hanya membuat tubuh kurang berenergi, kurang tidur juga membuat anak menjadi kurang fokus dan emosinya tidak stabil.

Kenyataan tersebut ditemukan oleh Reut Gruber, pakar psikologi dari McGill University dan timnya. Seperti dilaporkan dalam jurnal Pediatrics, ia meneliti anak-anak berusia 7-11 tahun yang jam tidurnya dikurangi satu jam setiap malam selama lima hari.

Tujuan dari penelitian tersebut, menurut Gruber, adalah untuk mengetahui apakah pengurangan sedikit waktu tidur juga berpengaruh pada perilaku mereka. Tim peneliti juga meminta para guru anak-anak itu melakukan penelian mengenai fokus perhatian, reaksi emosi, juga impulsif tidaknya perilaku anak di kelas.

Dibandingkan dengan anak-anak yang jam tidurnya tak terganggu, anak-anak dalam penelitian ini memiliki nilai pengukuran perilaku yang lebih buruk. Ini berarti mereka cenderung mudah marah, frustasi dan lebih sulit memusatkan perhatian.

"Memang tak ada yang menjadi jenius atau menjadi gila dalam penelitian ini, tetapi hasil studi ini menunjukkan bagaimana perubahan kecil dalam pola tidur berdampak besar," kata Gruber.

Para peneliti tidak melakukan penelitian di laboratorium tidur namun membiarkan anak-anak itu tidur di rumah mereka. Sehingga bisa diketahui kegiatan harian yang bisa membuat jam tidur mereka berkurang, seperti nonton tv atau bermain games sebelum tidur.

Berkurangnya kemampuan anak untuk fokus di kelas, tentu akan berpengaruh pada kemampuan belajar mereka dan kesempatan untuk lebih kreatif. Anak menjadi gampang marah dan frustasi karena tubuh dan otak mereka lelah sehingga mereka juga tidak belajar maksimal.

Pada penelitian sebelumnya, Gruber melibatkan anak-anak yang mengalami gangguan perhatian dan hiperaktif. Ia meminta orangtua anak-anak itu untuk menidurkan anaknya sejam lebih larut dari biasanya. Hasilnya anak-anak itu makin memiliki gejala klinis dari hiperaktif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.