Kompas.com - 16/10/2012, 14:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kolesterol memainkan peranan penting dalam tubuh sehat. Kini para ilmuwan berhasil mengidentifikasi 21 jenis gen yang terkait erat dengan peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Dalam penelitian genetik terbesar mengenai kolesterol, para peneliti menemukan variasi gen yang berkaitan dengan perubahan kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Varian gen tersebut lebih sering ditemukan pada pria dibandingkan pada wanita.

Penelitian tersebut melibatkan 90.000 orang yang dianalisa mutasi genetiknya. Nantinya diharapkan bisa ditemukan formula obat dan terapi lain untuk penyakit jantung yang disebabkan oleh kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Meski setiap varian gen tersebut memiliki efek yang kecil, tetapi akumulasi efek bsia berdampak signifikan pada peningkatan risiko penyakit.

Kolesterol jahat (LDL) dapat membentuk timbunan tebal (plak) yang menyumbat arteri dan menyebabkan arteri menjadi sempit sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Sementara itu HDL atau kolesterol baik membantu menurunkan jumlah kolesterol LDL dalam darah. Semakin tinggi kolesterol HDL, semakin rendah pula risiko terjadinya penyempitan arteri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.