Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2012, 07:46 WIB

KOMPAS.com — Kemampuan konsentrasi yang baik sangat erat kaitannya dengan kecerdasan anak. Kemampuan berkonsentrasi dalam waktu lama akan membuat anak terlatih memecahkan masalah dalam proses belajarnya.

Untuk meningkatkan kemampuan kognitif otak selain stimulasi, diperlukan juga zat gizi yang baik. Menurut pakar gizi, dr Saptawati Bardosono, ada beberapa zat gizi utama pendukung perkembangan otak, antara lain karbohidrat, omega-3, zinc, zat besi, dan vitamin B.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Friesland Campina, produsen susu Frisian Flag, diketahui bahwa isomaltulosa, zat karbohidrat yang mampu bertahan lama dalam penyediaan energi, punya efek yang baik bagi kerja kognitif anak.

Studi mengenai manfaat isomaltulosa ini sudah dilakukan dua kali di Indonesia. Yang pertama dengan melibatkan 54 anak usia 5-6 tahun dengan jangka waktu konsumsi produk mengandung isomaltulsa selama 14 hari.

Hasil penelitian menunjukkan, ketika dilarutkan dalam susu, isomaltulosa sebagai karbohidrat dengan indeks glikemik yang rendah mampu memperpanjang daya konsentrasi anak.

Studi kedua yang dilakukan terhadap 127 anak usia 5-6 tahun selama rentang waktu 3 bulan menunjukkan hasil yang konsisten terhadap manfaat isomaltulosa pada kinerja kognitif anak.

Menurut dr Tjin Wiguna, Sp KJ, ahli psikiatri anak yang terlibat dalam penelitian ini, parameter yang diukur dalam penelitian tersebut antara lain kecepatan reaksi, daya ingat, perhatian, dan daya tahan perhatian.

Ditambahkan oleh Eiko de Jong, Ph D, peneliti senior dari Frisianland Campina, karena glukosa yang dihasilkan oleh isomaltulosa dilepas perlahan-lahan ke tubuh, energi yang disuplai ke otak pun lebih lama.

"Dengan demikian, kemampuan fokus dan memorinya lebih baik," kata De Jong dalam acara pemaparan hasil studi isomaltulosa di Bandung, Senin (15/10/2012).

Ia menjelaskan bahwa penelitian kedua ini merupakan validasi dari penelitian sebelumnya. Secara ilmiah, hasil penelitian kedua ini juga memiliki nilai IB yang berarti punya rekomendasi kuat.

Secara alami, isomaltulosa terdapat dalam tebu, madu, dan sumber glukosa lainnya. Namun, berbeda dengan sukrosa, isomaltulosa merupakan zat yang lambat diserap tubuh. Beberapa produk pemanis juga menggunakan isomaltulosa, terutama untuk pasien diabetes.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com