Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2012, 07:29 WIB
EditorAsep Candra

TANYA:

Dok, benarkah kalau orang yang mendengkur itu berisiko mengalami kematian mendadak? Kalau iya Bagaimana ngorok bisa menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Saya jadi takut kalau tanpa disadari suami yang mempunyai kebiasaan  mendengkur mengalami hal yang mengerikan. Suami saya memang sering mendengkur meskipun ia tampak tidak memiliki keluhan berarti akibat dengkurannya itu.  Bagaimana sebaiknya untuk menghadapi masalah ini dok?

(Wati, 30, Bogor)

JAWAB :

Ibu Wati, mendengkur dapat merupakan gejala "Obstructive Sleep Apnea" (OSA).  OSA ditandai oleh tidur mendengkur dan ada periode henti napas dimana seolah-olah gejala mendengkur hilang padahal usaha bernapas masih ada.  Setelah itu penderita akan tersedak, terbangun, tidur kembali dan mendengkur lagi. 

Hal ini terjadi berulang-ulang dalam setiap kali tidur sehingga akan mengganggu kualitas tidur.  Pada siang hari penderita akan mudah mengantuk dan terganggu konsentrasinya. Dimana hal ini akan menurunkan kualitas hidupnya.  Pada jangka panjang, OSA akan meningkatkan resiko hipertensi, stroke dan serangan jantung. 

Serangan jantung inilah yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Saat ini sudah dapat dilakukan skrining untuk mendiagnosis OSA dengan pemeriksaan Polysomnography (PSG) di RS Premier Bintaro.  Dokter THT turut berperan untuk melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis apakah ada kelainan THT yang dapat menyebabkan OSA tersebut.

Demikian, semoga menjawab pertanyaan anda

Dijawab oleh : dr. Ari Cahyono, SpTHT

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+