Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2012, 13:06 WIB

Kompas.com - Banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, salah satunya dengan memakai wewangian bunga. Berikut adalah tiga jenis bunga yang sudah terbukti membantu datangnya kantuk.

1. Melati

Letakkan segenggam bunga melati di dekat tempat tidur. Selain membuat ruangan lebih semerbak, melati diketahui akan membuat tidur REM lebih dalam.

2. Lavender

Aroma bunga lavender akan memperlambat detak jantung serta menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah peneliti dibandingkan efek minyak lavender dengan plasebo yang disemprotkan di seprai 12 wanita penderita insomnia. Hasilnya, wanita yang tidur di ruangan dengan wangi lavender tidur lebih cepat dan bangun dengan segar.

3. Gardenia

Dalam ilmu Ayuverda, bunga gardenia sudah dipakai untuk mengatasi rasa marah dan ketidaksabaran. Aromanya yang manis diketahui juga membantu mata lebih cepat terpejam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com