Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2012, 07:34 WIB

TANYA :   Dok, saya adalah pria berusia 36 tahun, ingin bertanya mengenai  hubungan mendengkur  dengan faktor genetika.  Apakah mendengkur pada seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetika atau keturunan. Masalahnya, saya memiliki kebiasaan mendengkur yang cukup parah dan kebetulan ayah saya juga punya kebiasaan yang sama? Apakah dengan begitu anak saya juga nanti akan memiliki kecenderungan menjadi pendengkur? Mohon penjelasannya. 

(Wibowo, 36, Bogor)

JAWAB :

Pak Wibowo Yth, mendengkur sebenarnya tidak dipengaruhi dan tidak ada hubungannya dengan faktor genetika. Yang ada hubungannya adalah bentuk wajah, misalnya bila bentuk dagu seorang ayah cenderung kecil misalnya sehingga kemungkinan resiko ia mendengkur menjadi lebih besar dan si anak jika cenderung mempunyai bentuk dagu seperti si ayah maka resiko si anak untuk mendengkur pun menjadi lebih besar.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com