Kompas.com - 20/10/2012, 08:28 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Kalsium berperan sangat besar dalam kesehatan. Wanita yang mengalami kekurangan kalsium berisiko mengalami gangguan hormon tiroid yang bisa memicu kerapuhan tulang dan batu ginjal.

Penyakit hipertiroid atau primary hyperparathyroidism (PHPT) diperkirakan diderita oleh 1 dari 800 wanita dalam hidupnya. Penyakit tersebut paling sering diderita wanita usia post-menopause.

PHPT disebabkan oleh kelenjar paratiroid terlalu aktif mengeluarkan hormon paratiroid. Selain berkaitan dengan gangguan ginjal dan kerapuhan tulang, penyakit ini juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

Dalam laporannya di British Medical Journal, para peneliti menyebutkan bahwa asupan kalsium yang cukup bisa mencegah gangguan tiroid.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 700 mg kalsium setiap hari. Kebutuhan kalsium bisa didapatkan dari ikan, susu, dan produk turunannya, sayuran berdaun hijau, serta kacang-kacangan.

Penelitian mengenai manfaat kalsium itu dilakukan dengan melibatkan 58.300 wanita yang berpartisipasi dalam penelitian Nurse's Health Study. Para partisipan berusia antara 39 dan 66 tahun di tahun 1986 ketika penelitian dimulai. Mereka juga tidak punya riwayat PHPT.

Setelah 22 tahun, diketahui bahwa mereka yang cukup mengonsumsi kalsium memiliki risiko PHPT 44 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang kekurangan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.