Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Mengkhayal dan Ingin Mati, Mungkinkah Skizofrenia?

Kompas.com - 22/10/2012, 17:23 WIB

TANYA :

Dok, saya ingin berkonsultasi tentang kesehatan jiwa. Setelah saya melihat sebuah acara talkshow bertema Skizofrenia dan setelah saya tahu tentang penyakit itu, saya merasa gejala-gejala yang saya alami sama seperti penyakit itu. Gejala itu di antaranya adalah sering mengkhayal, merasa dihindari teman-teman, padahal teman-teman saya tak menjauhi saya. Saya juga selalu terlalu memikirkan hal-hal kecil dan terkadang saya juga merasa ingin meninggal saja dari pada memikirkan hal-hal rumit dalam hidup.

Apakah gejala-gejala di atas adalah gejala dari penyakit Skizofrenia? Bagaimana caranya untuk mengatasi dan mengobati hal-hal yang saya alami itu dok? Karena jujur saja saya sudah capek selalu merasakan hal-hal di atas. Terimakasih.

(Desyana Nurul, 15, Cianjur)

JAWAB :

Nurul yang baik,

Gejala yang dialami Nurul belum tentu adalah gejala penyakit Skizofrenia. Gejala tersebut bisa saja merupakan gejala yang berhubungan dengan masalah penyesuaian dengan diri di masa remaja.

Khayalan kan bisa saja tidak masalah. Mengkhayal menjadi orang yang bisa mempunyai kemampuan yang baik untuk bekerja, mengkhayalkan sesuatu yang baik untuk dituju di masa depan akan bisa membantu orang menjadi fokus.

Yang bermasalah adalah jika orang mengkhayalkan sesuatu terlalu banyak dan akhirnya hidup dalam khayalan itu. Saya rasa, jika Nurul masih sulit mengenali apa yang dialami, ada baiknya Nurul berkunjung ke dokter, atau langsung ke RS Jiwa untuk bertemu psikiater atau psikolog klinis yang bisa memahami apa yang dialami Nurul.

Bercerita akan sangat membantu dalam menangani masalah Nurul. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com