Kompas.com - 23/10/2012, 07:25 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anak-anak membutuhkan pola makan yang sehat untuk mendukung tumbuh kembangnya. Pada anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif, disebutkan bahwa pola makan berpengaruh besar pada perilaku mereka.

Salah satu mitos yang berkembang adalah makanan yang mengandung gula akan menyebabkan anak menjadi bertambah hiperaktif.

Menurut Dr.Tjin Wiguna, SpKJ, psikiter anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pada dasarnya belum ada penelitian yang konsisten menyebutkan bahwa konsumsi gula akan membuat anak lebih hiperaktif.

"Pendapat tersebut mungkin disebabkan karena konsumsi gula menyebabkan jumlah kalori berlebihan sehingga anak memerlukan kalori ekses yang dikeluarkan lewat berkegiatan. Kebutuhan gerak yang meningkat itu bisa membuat anak menjadi lebih aktif," katanya.

Pendapat yang menyebutkan makanan mempengaruhi perilaku mulai populer di tahun 1970-an ketika ahli alergi Benjamin Feingold, menyebutkan bahwa pola makan anak ADHD sebaiknya bebas dari zat perasa dan pewarna. Meski tidak disebut gula tetapi para orangtua menganggap gula termasuk.

Pada tahun 1979 sebuah penelitian di jurnal Food and Cosmetics Toxicology mengungkapkan anak yang hiperaktif dan diberikan tes toleransi glukosa menunjukkan adanya reaksi hipoglikemi atau gula darah rendah.

Berbagai penelitian terus dilakukan untuk menunjukkan kaitan antara gula dengan perilaku anak. Penelitian tahun 1995 dalam Journal of the American Medical Association menyatakan bahwa gula bukan faktor tunggal yang memepengaruhi perilaku anak.

Sebagai orangtua, pengamatan terhadap perilaku anak sangat penting. Bila ada reaksi tertentu pada perilaku anak akibat makanan yang diberikan sebaiknya orangtua berkonsultasi kepada dokter. Berpantang sekelompok jenis makanan sebenarnya bisa berdampak buruk bagi terpenuhinya kebutuhan nutrisi anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.