Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2012, 12:38 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan berarti sangat penting bagi ibu hamil. Meningkatkan asupan serat dalam menu makanan sehari-hari para ibu hamil dapat menurunkan risiko beragam gangguan kesehatan, mulai dari preeklamsia hingga hemorrhoids atau ambeien.

Manfaat penting serat yang sering diungkap adalah perannya dalam mencegah preeklamsia. Ini adalah suatu kondisi berbahaya pada wanita hamil dan menjadi penyebab utama kelahiran prematur. Preeklamsia ditandai dengan peningkatan tekanan darah, pembengkakan pada wajah dan tumit, serta adanya protein dalam urine.  Preeklamsia dapat dialami satu dari 10 wanita hamil. Bayi dari ibu yang mengalami preeklamsia kebanyakan lahir prematur dan terganggu perkembangannya.

Menurut penelitian para ahli, konsumsi makanan berserat tinggi pada ibu hamil utamanya pada trimester ternyata dapat membantu menekan risiko preeklamsia. Sebuah riset yang dimuat American Journal of Hypertension menunjukkan, wanita hamil yang meningkatkan asupan seratnya sebanyak 5 gram sehari—setara dengan 2 helai roti gandum murni—mengalami penurunan risiko preeklamsia sekitar 14 persen. Riset yang digagas pakar kebidanan dan kandungan dari Swedish Medical Center di Seattle, Washington itu, menemukan,  tingginya asupan serat sebelum dan selama awal kehamilan dapat menurunkan risiko preeklamsia secara signifikan di antara 1.538 wanita hamil yang mereka pantau.

Manfaat lain dari konsumsi makanan berserat tinggi semasa kehamilan, menurut para ahli dari American Diabetes Association, adalah menurunkan risiko diabetes gestasional. Asupan serat akan memperbaiki kemampuan ibu hamul dalam pengendalian diabetes gestasional khususnya bagi mereka yang mengalaminya. Dengan mengubah pola makan yang didominasi menu makanan berserat dan karbohidrat, tetapi rendah kadar lemak, dapat membantu menurunkan penggunaan hormon insulin.

Selain itu, tingginya asupan makanan berserat bagi para ibu hamil juga dapat menurunkan  kasus hemorrhoids (ambeien), yang kerap terjadi selama masa kehamilan. Pengejanan ketika buang air besar dan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan akan menyebabkan wasir membengkak. Namun dengan meningkatkan  asupan serat, tentu akan membuat pergerakan usus besar menjadi mudah dan pembuangan lebih mudah dilakukan, sehingga pada akhirnya dapat menurunkan risiko ambeien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+