Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2012, 14:52 WIB

KOMPAS.com - Setelah tidak lagi mendapatkan ASI di usia dua tahun kebutuhan nutrisi balita memang bisa terpenuhi dari makanannya sehari-hari. Kendati begitu susu bisa menjadi pelengkap gizinya, terutama karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

Sejak lahir sampai usia 6 bulan bayi harus mendapatkan ASI saja, kemudian dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI. Di atas usia setahun, kandungan nutrisi dalam ASI hanya mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan nutrisi hariannya.

"Setelah usia setahun kandungan kalsium dalam ASI menurun, karena itu harus didapatkan dari sumber lain, misalnya saja susu, ikan kecil yang dimakan dengan tulang, atau sayuran berdaun hijau," kata dr. Yoga Devaera, Sp.A, dalam acara media edukasi mengenai teknologi pengemasan susu cair yang diadakan oleh Tetra Pak di Jakarta (24/10/2012).

Untuk itulah orangtua perlu mencermati pilihan susu yang tepat dan disesuikan dengan kondisi anak. Bila anak dalam kondisi sehat atau tidak memiliki indikasi medis tertentu, susu whole milk atau tanpa modifikasi bisa menjadi sumber kalsium dan protein anak.

Meski begitu Yoga mengingatkan bahwa susu tidak dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan seluruh nutrisi. "Kalau makanan cair yang mirip susu memang didesain untuk itu, tetapi anak perlu makanan untuk melatih perkembangan keterampilan makannya," kata dokter dari divisi nutrisi dan metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com