Kompas.com - 25/10/2012, 09:36 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya merasakan sering kelelahan dan mengantuk di saat waktu kerja. Saya juga sering diberitahukan teman kalau saya kadang suka tiba-tiba tertidur dan mendengkur keras.  Saya sungguh malu dengan hal ini. Padahal, saya merasakan tidur saya setiap malam cukup. Apa yang terjadi dengan saya? Mungkin saya mengalami gangguan tidur atau memang tidur saya yang tidak berkualitas? Bagaimana mengatasi hal ini dok? Bagaimana caranya untuk mengetahui tidur saya berkualitas atau tidak?

(Darwis, 41, Medan)

 

JAWAB :

Dear Pak Darwis,

Gejala mendengkur, rasa lelah dan mengantuk di siang hari adalah gejala-gejala kemungkinan seseorang mengalami OSA (obstructive sleep apnea yaitu henti nafas waktu tidur).

Jadi, meskipun jumlah jam tidurnya cukup tapi belum tentu kualitas tidurnya baik karena bila kita mendengkur maka asupan oksigen (O2) ke badan kitapun menjadi kurang sehingga badan kita tidak akan merasa segar saat bangun tidur.

Untuk mengetahui benar tidaknya, Bapak mengalami OSA ada baiknya Bapak melakukan sleep study terlebih dahulu.

 
Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

 Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.