Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2012, 09:36 WIB

TANYA :

Dok, saya merasakan sering kelelahan dan mengantuk di saat waktu kerja. Saya juga sering diberitahukan teman kalau saya kadang suka tiba-tiba tertidur dan mendengkur keras.  Saya sungguh malu dengan hal ini. Padahal, saya merasakan tidur saya setiap malam cukup. Apa yang terjadi dengan saya? Mungkin saya mengalami gangguan tidur atau memang tidur saya yang tidak berkualitas? Bagaimana mengatasi hal ini dok? Bagaimana caranya untuk mengetahui tidur saya berkualitas atau tidak?

(Darwis, 41, Medan)

 

JAWAB :

Dear Pak Darwis,

Gejala mendengkur, rasa lelah dan mengantuk di siang hari adalah gejala-gejala kemungkinan seseorang mengalami OSA (obstructive sleep apnea yaitu henti nafas waktu tidur).

Jadi, meskipun jumlah jam tidurnya cukup tapi belum tentu kualitas tidurnya baik karena bila kita mendengkur maka asupan oksigen (O2) ke badan kitapun menjadi kurang sehingga badan kita tidak akan merasa segar saat bangun tidur.

Untuk mengetahui benar tidaknya, Bapak mengalami OSA ada baiknya Bapak melakukan sleep study terlebih dahulu.

 
Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

 Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com