Kompas.com - 29/10/2012, 09:39 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Tim ilmuwan dari Inggris mengembangkan metode terbaru tes HIV dan kanker secara cepat dan murah. Dengan tes tersebut, hasil positif atau negatif ditunjukkan melalui perubahan warna cairan.

Tes yang dikembangkan oleh tim dari Imperial College London tersebut diharapkan bisa memperluas akses tes HIV dan penyakit lain, khususnya di negara yang biaya pemeriksaan HIV-nya masih mahal.

Dalam jurnal Nature Nanotechnology, tim peneliti menjelaskan bahwa metode tes itu dikembangkan untuk mengenali tanda khusus dari penyakit atau virus, misalnya protein yang ditemukan pada permukaan HIV.

Jika penanda (marker) ditemukan, maka akan menyebabkan perubahan reaksi kimia. Berubahnya cairan menjadi merah menandakan negatif sedangkan biru berarti positif ditemukan marker. Dengan demikian tes tersebut bisa dideteksi dengan "mata telanjang".

"Metode ini juga bisa dipakai untuk mencari tahu molekul target pada konsenstrasi sangat rendah, misalnya saja kekambuhan kanker setelah operasi tumor. Tes ini juga bisa membantu mendiagnosis pasien terinfeksi HIV meski jumlah virusnya masih sangat rendah untuk dideteksi pada metode konvensional," kata Prof. Molly Stevens.

Dalam percobaan awal diketahui metode tes ini mampu mengenali penanda HIV dan kanker prostat. Meski begitu masih diperlukan tes dalam skala lebih besar sebelum tes ini direkomendasikan secara luas.

Tim desainer tes ini berharap kelak metode tes ini bisa menghemat biaya 10 kali lebih murah daripada tes yang ada sekarang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.