Kompas.com - 29/10/2012, 10:52 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Rokok tampaknya sudah menjadi gaya hidup sebagian besar kaum wanita. Padahal, merokok terbukti mengurangi usia harapan hidup sampai 10 tahun. Meski begitu wanita yang berhenti merokok sebelum usia 40 tahun risiko kematiannya berkurang sampai 90 persen.

Demikian menurut kesimpulan studi Million Women Study yang dipublikasikan dalam The Lancet edisi online. Penelitian itu melibatkan 1,2 juta wanita berusia 50-69 tahun.

Para partisipan penelitian diwawancarai tentang gaya hidupnya, termasuk kebiasaan merokok. Pertanyaan yang sama ditanyakan tiga tahun kemudian. Selama 12 tahun masa penelitian, sekitar 66.000 responden meninggal dunia.

Ketika penelitian dimulai, 20 persen responden adalah perokok, 28 persen bekas perokok, dan 52 persen tak pernah merokok. Mereka yang masih merokok pada tiga tahun setelah studi dimulai, memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk meninggal dalam masa 9 tahun dibanding dengan yang bukan perokok.

Peningkatkan risiko sampai tiga kali lipat tersebut berarti dua pertiga penyebab kematian perokok wanita di usia 50, 60 atau 70 tahun disebabkan karena penyakit yang dipicu oleh rokok seperti kanker paru, penyakit paru kronik, penyakit jantung, atau stroke.

Makin lama mereka merokok, makin besar risiko kematiannya. Bahkan, wanita yang hanya merokok 1-9 batang per hari juga beresiko dua kali lebih besar meninggal lebih cepat.

"Jika seorang wanita merokok seperti pria, mereka akan meninggal seperti pria. Tapi, pria atau wanita yang berhenti merokok sebelum usia pertengahan berpeluang lebih besar hidup 10 tahun lebih lama," kata Kirstin Pirie, peneliti dari Universitas Oxford, Inggris.

Para peneliti menegaskan bahwa tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Meski begitu manfaatnya lebih besar jika kita berhenti merokok secepat mungkin. "Jangan mulai merokok, tetapi jika sudah terlanjur, berhentilah sekarang," tulis mereka.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.