Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ibu Pengidap HIV/AIDS Melahirkan

Kompas.com - 29/10/2012, 14:40 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua ibu terjangkit Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) melahirkan bayinya dalam keadaan selamat. Namun, belum diketahui apakah kedua anak tersebut positif terindikasi HIV/AIDS atau tidak.

"Kedua anak tersebut sudah dilahirkan sejak dua minggu yang lalu dan dua bulan yang lalu," kata dokter Syilvia, Kepala Puskesmas Tambora kepada Kompas.com, Senin (29/10/2012).

Syilvia menjelaskan, kedua ibu melahirkan ini diketahui mengidap HIV/AIDS ketika ada kunjungan Badan Penanggulangan AIDS Dunia (UN AIDS) mengunjungi Puskesmas Kecamatan Tambora. Mereka memang sudah terjangkit HIV/AIDS sebelum hamil.

"Kedua orangtuanya memang mengidap HIV, tetapi anaknya belum tentu tertular juga," katanya.

Sylvia menuturkan, kedua ibu tersebut sudah dievaluasi dan dirawat di Puskesmas Tambora untuk mencegah tertularnya virus kepada anak mereka. Ibu tersebut juga memperoleh obat antiretroviral (ARV) untuk mencegah tertularnya virus tersebut.

"Waktu melahirkan juga harus dirujuk ke Rumah Sakit Tarakan atau rumah sakit besar di Jakarta," katanya.

Sylvia mengatakan tidak bisa memberikan identitas orangtua dan bayinya karena menyangkut penyakit HIV/AIDS. Akan tetapi, kedua orangtua tersebut merupakan warga Tambora dan Grogol, Jakarta Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com