Kompas.com - 29/10/2012, 18:08 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :


Dok, maaf saya mau bertanya. Saya sering mengalami kecemasan berlebih ketika di luar rumah. Gejalanya sering keringat dingin, dada berdebar, kepala pusing, punggung terasa berat bahkan serasa mau pingsan. Hal kecil seperti saat istirahat makan siang pun atau ketika sholat Jum'at saya merasa tidak kuat dan mau pingsan. Hasil pemeriksaan menunjukan saya punya gangguan lambung (maag), memang terkadang gejala itu bisa hilang dengan mengkonsumsi obat maag. Ini sangat mengganggu aktivitas harian saya, karena itu saya sering menolak tugas keluar kantor dengan beragam alasan, padahal sesungguhnya saya mengalami hal-hal di atas ketika berada di luar rumah. Mohon penjelasan dan pengobatan yang tepat untuk masalah saya tersebut. dok. Terima kasih.

(Adi, 27, Jakarta)

JAWAB :

Mas Adi yang baik,

Masalah sering merasa cemas di luar rumah atau di keramaian bisa merupakan bagian dari Gangguan Kecemasan. Tanda dan gejala kecemasan di luar rumah ini biasanya disebabkan karena orang tersebut khawatir ada sesuatu hal buruk terjadi pada dirinya. Pasien gangguan cemas panik misalnya mengalami gejala ini karena dia takut kalau di luar rumah akan bisa mengalami serangan panik atau merasa ditinggalkan kalau terjadi apa-apa saat berada di luar rumah tersebut.

Gangguan lambung memang sering berkaitan dengan gejala cemas, hampir kebanyakan ahli menyetujui kebanyakan gangguan lambung biasanya merupakan gangguan lambung fungsional, dalam artian tidak terdapat adanya luka di lambung atau kelainan lainnya. Masalah lambung merupakan gangguan psikosomatik yang paling sering dialami.

Stres dan kopi bisa menjadi penyebab gangguan lambung fungsional ini. Masalah keterkaitan ini biasanya saling timbal balik, pasien yang mengalami gangguan lambung rentan mengalami kecemasan panik jika masalah lambungnya memang agak parah. Biasanya gejalanya asam lambung perut naik atau rasa seperti terbakar.

Hal ini akan merangsang saraf vagus yang berada di kerongkongan yang bisa membuat gejala kecemasan makin nyata. Jadi kedua faktor yang berkaitan ini harus ditangani. Pengobatan gangguan lambung harus juga memperhatikan aspek biopsikososial dan kalau memang dipahami adanya gejala-gejala kecemasan yang nyata, berkonsultasi ke psikiater.

Semoga bisa membantu. Salam Sehat Jiwa

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.