Kompas.com - 30/10/2012, 09:03 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, makan pagi atau sarapan tidak menjadi suatu kebiasaan. Padahal, sarapan adalah waktu makan yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan.

Para ahli nutrisi mengingatkan bahwa sarapan adalah salah satu kunci untuk menuju hidup sehat. Dengan sarapan, Anda tidak cuma memiliki energi untuk memulai aktivitas selama seharian, tetapi juga dapat mengendalikan berat badan.

Para ahli juga menyarankan, salah satu cara terbaik untuk mengalami aktivitas di pagi hari adalah dengan mengonsumsi semangkuk sereal sehat. Kenapa? Karena menurut temuan, konsumsi sereal akan membuat orang menjadi enggan untuk beralih makan-makanan berlemak dan makanan manis.

Sigrid Gibson seorang ahli gizi, mengungkapkan bahwa sarapan sereal ditambah dengan susu bisa menjadi pilihan yang sehat. Karena, kaya akan sumber kalsium dan nutrisi penting lainnya, seperti serat, protein dan karbohidrat.

Dalam temuannya, Gibson menganalisis sebanyak 12.068 daftar menu makanan dari National Diet and Nutrition Survey. Hasil penelitian menunjukkan, satu dari lima orang dewasa tidak makan makanan padat ketika sarapan. Sementara sepertiga di antaranya memilih sereal dan 45 persen mengonsumsi sarapan non sereal.

Peneliti juga menemukan bahwa teh dan kopi menjadi menu paling populer ketika sarapan, yakni sebesar 84 persen.

Dibandingkan pria, wanita ternyata kurang menyukai makanan seperti roti, sosis, daging atau telur. Dan lebih cenderung untuk makan buah sebagai gantinya.

Peneliti berkesimpulan bahwa sarapan sereal dengan susu mendorong orang untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi karbohidrat. Sementara mereka yang mengonsumsi non-sereal, cenderung makan makanan tinggi asam lemak jenuh dan asupan protein yang rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.