Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2012, 17:55 WIB

T:
Bagaimana cara kita untuk lebih bisa percaya diri ketika berada dalam kebingungan, agar tidak tenggelam dalam keterpurukan yang berkepanjangan? Saya merasakan hal itu saat ini, dan perasaan seperti ini membuat saya lebih tertutup dan enggan bergaul. Padahal sebelumnya saya dikenal sebagai orang yang mudah bergaul dengan siapa saja. Terima kasih sebelumnya. (Fitri Handianti, 20)

J:
Mbak Fitri yang baik hati,
Setiap diri kita ingin menjadi pribadi yang percaya diri. Ciri-ciri pribadi yang percaya diri adalah dirinya berbicara terbuka dengan orang lain dan merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Orang yang percaya diri, memiliki keyakinan dalam dirinya termasuk saat menghadapi kondisi sesulit apapun.

Luar biasanya, seseorang yang percaya diri ini tidak memandang dirinya lebih rendah dari orang lain, melainkan sejajar dengan orang lain. Berita baiknya, rasa percaya diri ini sangat bisa kita bangun, siapa pun kita, apa pun kondisi kita. Termasuk Mbak Fitri.

Jadi apa yang perlu Mbak Fitri lakukan  agar percaya diri meski tengah menghadapi suatu permasalahan? Tiga tindakan sederhana berikut ini memiliki kekuatan yang luar biasa jika Mbak melakukannya mulai sekarang juga secara konsisten.

Pertama, berpikir positif. Berpikir positif adalah modal utama kita untuk percaya diri dan hidup bahagia. Berpikir positif adalah berprasangka baik pada orang lain dan kondisi. Seperti apa yang Mbak alami sekarang dalam menghadapi sebuah permasalahan.

Berprasangkalah positif dengan berkata kepada diri Anda, ”Ya Allah, saya yakin banyak hikmah positif dari permasalahan yang saya hadapi sekarang. Dan saya yakin Engkau memberi jalan keluar yang terbaik untukku. Aku berjanji untuk menghadapinya dan keluar dari permasalahan ini. Karena aku mempunyai impian yang harus kuraih.” Katakan kalimat tersebut berkali-kali dengan sepenuh hati hingga hati Anda bergetar dan tak sabar untuk melakukan banyak hal positif demi mencapainya.

Kedua, yakinlah pada diri Anda sendiri. Untuk memiliki keyakinan pada diri Anda sendiri, berpikir positif adalah syarat utamanya. Mengapa keyakinan ini penting? Karena keyakinan adalah fondasi kehidupan. Sekali kita yakin kepada diri sendiri, sejak itulah kita lebih mudah melangkah dalam meraih impian.

Untuk menumbuhkan keyakinan pada diri sendiri, di samping berpikir positif, Anda perlu bergaul dengan teman-teman Anda. Anda perlu menerima apapun kondisi Anda saat ini. Dan Anda patut mensyukuri setiap kebaikan sekecil apa pun yang Anda dapatkan selama ini, dimulai dari hal yang paling sederhana. Pun ketika orang lain tersenyum kepada Anda, bersyukurlah Anda mendapatkannya. Karena setiap senyum adalah doa.

Ketiga, bersyukurlah atas apa pun yang Anda dapatkan. Bersyukur adalah bukti kebahagiaan seseorang. Semakin kita pandai bersyukur, semakin tinggi kebahagiaan yang kita dapatkan. Karena dengan bersyukur, kita telah mengakui setiap kebaikan yang kita dapatkan serta menikmati setiap kebaikan yang kita lakukan.

Selamat menjadi seorang Fitri yang luar biasa dan mulia, ya!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Motivator & Coach
Penulis buku best seller Dahsyatnya Kemauan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com