Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melongok Prostitusi Terselubung di Kota Semarang

Kompas.com - 31/10/2012, 10:13 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Praktik prostitusi memang tidak melihat tempat. Di mana pun mereka bisa bertransaksi atas bisnis esek-esek tersebut. Seperti halnya praktik prostitusi di Jalan Pandanaran, Kota Semarang. Tidak banyak yang tahu adanya prostitusi terselubung di jalan protokol yang merupakan jantung kota dari ibu kota Jawa Tengah ini.

Praktik prostitusi pinggir jalan ini tidak terlalu mencolok. Para perempuan pekerja seks komersial (PSK) tidak menjajakan dirinya dengan berdiri di pinggir-pinggir jalan dan mengenakan baju seksi seperti halnya prostitusi jalanan di tempat lain.

Para PSK itu tiap malam akan keliling di sepanjang jalan dengan mengendarai sepeda motor. Sejak beberapa tahun terakhir, para PSK dikenal dengan sebutan gadis bermotor. Sesekali mereka tampak bergerombol di sebuah tempat di pinggir jalan.

Lagi-lagi pemandangan itu tidak terlalu mencolok sebab mereka layaknya gadis-gadis pencinta dunia malam yang sedang bercengkerama atau baru saja pulang dari tempat hiburan malam. Tubuhnya pun terbalut baju yang terkadang tidak terlalu seksi sehingga tidak ada yang mengira mereka menjajakan kepuasan nafsu.

PSK yang berusia sekitar 20 hingga 30 tahun ini biasa muncul di Jalan Pandanaran selepas pukul 23.00 WIB. Usia yang masih muda dan bentuk tubuh yang juga cukup enak dipandang membuat mereka memasang tarif lebih mahal dibandingkan dengan prostitusi pinggir jalan lain, seperti di Jalan Imam Bonjol dan Jalan Tanjung. Bahkan, ada juga PSK di tempat ini yang mengaku masih duduk di bangku salah satu SMA swasta di Semarang.

Mereka biasanya membuka harga dari Rp 250.000 hingga Rp 300.000 sudah termasuk biaya kamar. Tawar-menawar antara penjaja seks dan para lelaki hidung belang bisa saja dilakukan, tetapi biasanya hanya turun maksimal Rp 50.000. “Yang kamarnya bagus, ya, mahal. Ada AC, kamar mandi dalam, pokoknya puas,” ungkap salah seorang PSK yang ditemui Kompas.com beberapa waktu lalu.

Para lelaki yang sudah tahu keberadaan mereka biasanya akan melajukan kendaraan secara pelan-pelan di jalan tersebut. Para PSK kemudian menghampiri dan menawarkan diri. Jika tidak, PSK itulah yang akan melajukan kendaraan pelan dan para lelaki akan menghampirinya. “Cewek, Mas?” ucap para PSK ketika menawarkan diri. Bukan hanya sendirian, para PSK terkadang juga berboncengan sehingga memberikan kesempatan lelaki hidung belang untuk memilih.

Awalnya, prostitusi di kawasan ini juga banyak dikenal di Simpang Lima, Semarang, yang sebelumnya banyak terdapat kedai-kedai kecil atau biasa disebut kedai teh poci di lapangan tersebut, tetapi kemudian digusur. Kedai itu biasa digunakan PSK untuk menunggu lelaki yang minta ditemani. Perempuan-perempuan itu dikenal dengan sebutan ciblek, yang dalam bahasa Semarangan sebenarnya merupakan singkatan dari cilik-cilik betah melek (kecil-kecil suka begadang).

Beralihnya para perempuan itu menggunakan sepeda motor, berdasarkan berbagai sumber, sudah terjadi sejak sekitar 2006. Sejak kedai teh poci tersebut digusur, mereka seperti kehilangan lahan. Namun, mereka tetap kembali ke jalan, dan untuk mengantisipasi seringnya dilakukan razia ketika itu, para PSK kemudian beralih menggunakan sepeda motor.

Dengan mengendarai sepeda motor dianggap lebih mudah lari dari kejaran petugas. Selain itu, mereka juga mengaku lebih percaya diri dengan mengendarai sepeda motor tersebut. “Kan bisa ditawarkan lebih mahal,” ujar seorang PSK dengan yakin.

***

Baca Juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com