Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2012, 09:29 WIB

TANYA :  

Dok, saya ingin bertanya mengenai mendengkur dan posisi mulut saat tidur? Saya perhatikan ada beberapa orang mendengkur tetapi dengan posisi badan atau mulut yang berbeda-beda. Ada yang mendengkur saat mulutnya terbuka, ada pula yang mendengkur saat mulutnya tertutup, lalu ada pula yang mendengkur saat tubunya menengadah ke atas atau saat menyamping. Apakah posisi yang berbeda-beda itu juga berpengaruh pada tingkat keparahan dan risiko dari gangguan mendengkur itu sendiri. Mohon penjelasannya?

(Irma, 32, Jakarta)


JAWAB :

Ibu Irma,

Pengaruh posisi tidur ada pengaruhnya terhadap mendengkur. Biasanya saat tidur posisi terlentang, lidah akan jatuh ke belakang sehingga pada pendengkur akan menyumbat saluran napas.

Posisi tidur miring biasanya lebih nyaman oleh karena saluran napas atas relatif lebih terbuka sehingga dengkuran akan berkurang. Demikian semoga menjawab pertanyaan Ibu.

Dijawab oleh : dr. Ari Cahyono, SpTHT


Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com