Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2012, 14:18 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Di pasaran saat ini tersedia berbagai jenis telur ayam, mulai dari yang organik sampai yang diperkaya omega-3. Mana telur yang paling padat nutrisi dan sehat?

Telur pada dasarnya memiliki elemen nutrisi yang sama, kecuali jika ayam diberi pakan dengan formula khusus sehingga mengubah komposisi telurnya. Perdalam pengetahuan Anda akan telur dengan membaca tuntas tips berikut.

- Telur organik berasal dari ayam yang diberi makanan organik bersertifikat. Ayam di peternakan ini biasanya dibiarkan berkeliaran bebas, tidak hanya diam di kandang. Namun telur berlabel organik tidak berarti produknya lebih sehat dibanding telur biasa.

- Telur yang berasal dari ayam yang mengonsumsi berbagai jenis pakan, misalnya biji-bijian dan makanan lain yang dicarinya sendiri, memiliki telur yang berbeda dengan yam yang dikurung di kandang dan diberi pakan ternak. Ayam yang dibiarkan berkeliaran, seperti ayam kampung, memiliki telur dengan kadar beta karoten, vitamin D,E, serta omega-3 lebih tinggi. Seluruh nutrisi penting itu berada di kuning telurnya. Menurut peraturan di AS, ayam jenis itu hanya boleh dikonsumsi dagingnya.

- Memberi pakan ternak yang ditambah dengan nutrisi khusus akan mengubah komposisi nutrisi dalam telurnya. Ayam yang makan makanan mengandung tambahan asam lemak omega-3 akan memproduksi telur dengan kadar omega-3 tinggi.

Omega-3 ditemukan pada minyak ikan dan diketahui bermanfaat besar untuk otak, mencegah penyakit jantung, meningkatkan sistem imun, serta perkembangan retina. Omega-3 umumnya banyak terdapat di kuning telur. Nutrisi tambahan dalam pakan ayam juga akan meningkatkan kadar vitamin E dalam telur.

- Jika Anda khawatir dengan kandungan kolesterol dalam telur, pilihlah telur yang berlabel rendah kolesterol. Telur-telur itu mengandung kolesterol 25 persen lebih sedikit dibanding telur biasa. Kadar kolesterol dalam kuning telur berkisar antara 185 miligram.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+