Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2012, 06:46 WIB

TANYA : 

Dok, dalam literatur medis di internet  saya pernah membaca mengenai adanya latihan khusus tenggorokan (throat exercises) sebagai alternatif untuk mengatasi dengkuran.  Apakah benar latihan tersebut dapat meringankan masalah dengkuran?  Bagaimana dengan efektivitasnya? Gangguan mendengkur seperti apa yang dapat diatasi dengan latihan tersebut? Terima kasih atas jawabannya 

(Gunadi, 40, Bandung)  

JAWAB :

Bapak Gunadi yang terhormat,

Mendengkur dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan saluran napas atas, obesitas atau kelemahan otot-otot tenggorok pada orang tua. Akibat kelemahan otot tersebut berakibat kolaps saat tidur dan bergetar sehingga menimbulkan suara mendengkur.

Apabila karena kelemahan otot, latihan khusus tenggorok dapat saja dilakukan untuk meringankan gejala mendengkur. Posisi tidur miring juga akan membantu. Namun untuk mengatasinya harus dilakukan evaluasi faktor penyebab mendengkur tersebut. Demikian semoga menjawab pertanyaan Bapak.

Dijawab oleh : dr. Ari Cahyono, SpTHT

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com