Kompas.com - 03/11/2012, 13:38 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Pria yang mengharapkan punya keturunan dalam waktu dekat disarankan untuk mulai menjaga kualitas spermanya, salah satunya dengan rajin berolahraga.

Gangguan sperma, seperti jumlah kurang dan kemampuan berenang yang terlalu lambat, merupakan faktor penyebab infertilitas pada pihak pria.

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang rajin berolahraga memiliki lebih banyak sel sperma yang jago berenang dibandingkan dengan pria yang malas bergerak. Hal itu terjadi karena dengan berolahraga kita menciptakan kadar hormon dan lingkungan yang baik bagi produksi sperma.

Para ahli berpendapat olahraga seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup pria yang berusia subur karena dalam 50 tahun terakhir terjadi penurunan kualitas sperma. Banyak faktor yang jadi penyebabnya, mulai dari kebiasaan minum alkohol, merokok, sampai kegemukan.

Tim peneliti dari Universitas Cordoba, Spanyol, membandingkan level hormonal dan kualitas air mani dari pria yang aktif secara fisik dengan pria yang jarang berolahraga.

Faktor yang dinilai antara lain jumlah sperma dan kemampuan geraknya, serta analisa hormon termasuk testosteron, kortisol, dan hormon stimulating folikel. Hasilnya, pria yang rajin berolahraga memiliki kualitas sperma yang lebih baik.

Walau begitu olahraga berlebihan bisa mendatangkan efek sebaliknya. Penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa kualitas sperma para atlet ternyata lebih rendah dibanding dengan pria yang aktif. Olahraga berlebihan diketahui akan menurunkan kualitas seperma.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.