Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2012, 15:02 WIB

KOMPAS.com - Asupan kalori melebihi kebutuhan membuat berat badan tak ideal. Agar tubuh tetap terjaga, baik bentuk juga kebugarannya, Anda bisa membakar 100 kalori dengan melakukan berbagai hal sederhana berikut ini:

1. Menari.
Tubuh ideal dan bugar bisa didapatkan dengan cara menyenangkan. Salah satunya dengan menari. Ikutilah kelas tari atau ciptakan sendiri kelas tari di rumah, dengan mengikuti panduan di layar kaca misalnya. Semakin sering Anda menari, semakin banyak kalori yang terbakar. Untuk membakar 100 kalori, Anda bisa intens menari selama 10-15 menit.

2. Jalan kaki di mal.
Satu lagi cara menyenangkan membakar 100 kalori. Setelah makan enak di mal, bakar 100 kalori agar jumlah asupan kalori harian tak berlebihan. Dengan 40 menit berjalan kaki melihat-lihat barang incaran, atau sekadar memerhatikan tren terkini berbagai produk di mal, Anda bisa menghilangkan 100 kalori tersebut.

3. Berkebun.
Anda bisa mempercantik rumah dengan berkebun. Namun manfaat berkebun tak hanya memperindah tempat tinggal Anda, tapi juga tubuh Anda. Lakukan kegiatan berkebun 20 menit, maka Anda akan kehilangan 100 kalori. Jadi, segera cari inspirasi menghias kebun di rumah, beli bunga atau tanaman yang Anda inginkan, lalu mulailah menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

4. Bantu teman pindah rumah.
Membantu orang lain tak hanya membuat Anda disukai dan punya banyak teman karenanya. Anda juga bisa membahagiakan diri sendiri karena memiliki tubuh yang ideal. Pasalnya, dengan membantu teman pindah rumah Anda aktif bergerak sekaligus membakar kalori. Aktivitas mengangkat barang dan kegiatan lainnya saat pindahan rumah, jika dilakukan 20 menit secara intens bisa membuang 100 kalori dari tubuh.

5. Latihan fisik interval.
Olahraga tetap wajib dilakukan jika menyangkut kebugaran dan membentuk tubuh ideal. Lakukan aktivitas fisik interval ini, sembilan kali repetisi untuk membakar 100 kalori.
* Melompat 20 detik, istirahat 10 detik.
* Mengangkat lutut 20 detik, istirahat 10 detik.
* Lompat tali atau gerakan menyerupainya, selama 20 detik, istirahat 10 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com