Kompas.com - 05/11/2012, 08:40 WIB
EditorDini

BUSAN, KOMPAS.com Setiap orang punya cara berbeda untuk mengoreksi bagian wajah yang dianggap kurang menarik. Salah satu cara yang dilakukan para perempuan Korea untuk memiliki wajah cantik sempurna adalah operasi plastik dan injeksi filler (penyuntikan untuk membuat fitur wajah tampak lebih ideal). Kedua prosedur kecantikan ini sudah menjadi prosedur yang umum dilakukan oleh klinik-klinik kecantikan di negeri ginseng tersebut.

Di Korea, operasi plastik tidak hanya dilakukan oleh remaja perempuan, tetapi juga laki-laki. Sebagian besar remaja merasa tidak puas dengan bentuk hidung mereka yang cenderung pesek dan besar seperti tipikal hidung Asia pada umumnya. Mereka mendambakan bentuk hidung yang mancung, kecil, dan lurus seperti hidung Eropa.

Selain hidung yang lebih mancung, remaja Korea juga menginginkan proporsi sudut hidung yang sempurna. Dr MJ Kim dari Rejuve Dermatology, Busan, Korea Selatan, mengungkapkan bahwa proporsi ideal bentuk hidung yang sempurna adalah yang lurus dari pangkal sampai ke ujungnya. Hidung yang sempurna juga memiliki sudut kemiringan 90-95 derajat antara hidung dan bibir (jika dilihat dari samping wajah).

"Proporsi ini juga dilihat dari perbandingan daerah kosong antara hidung, bibir, dan dagu. Idealnya, perbandingannya adalah 1:2," ungkap Dr Kim, saat workshop di Busan, Korea Selatan, beberapa waktu lalu.

 wajah

Lebih dari 80 persen perempuan Korea melakukan injeksi dermal filler di ujung hidung, dan rhinoplasty (operasi untuk mengoreksi atau mengubah bentuk hidung dengan mengubah struktur tulangnya).

"Meski filler punya risiko lebih kecil dan waktu penyembuhan yang lebih cepat dibanding operasi plastik, sampai saat ini peminat operasi plastik masih lebih tinggi karena hasilnya permanen," kata Dr Ye Shik Shin, MD, dari Navi Plastic Surgery Clinic di Seoul.

Dr Shik mengungkapkan, untuk membuat hidung lebih mancung, biasanya para dokter bedah plastik melakukan perubahan struktur tulang hidung dan mengaturnya agar tulang lebih tinggi dari sebelumnya. Perubahan struktur tulang ini juga dilakukan untuk membentuk sudut ideal antara bibir dan pangkal hidung.

Hidung bukan satu-satunya bagian wajah yang ingin dikoreksi. Bagian wajah lain yang paling ingin diubah adalah mata. Mata orang Korea yang cenderung sangat kecil membuat banyak orang ingin memperbesar ukuran mata dan membentuk kelopak mata atas. Namun, beberapa waktu lalu, banyak perempuan Korea juga melakukan eye lower augmentation untuk membentuk kantung mata.

"Menurut mereka, kantung mata itu cantik karena bisa membuat wajah mereka sedikit lebih bervolume," tambah Dr Kim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.