Kompas.com - 06/11/2012, 07:39 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya mempunyai anak berumur 4 tahun. Anak saya ini mengalami bau mulut. Apakah bau mulut tersebut pengaruh dari giginya yang krepes dan berlubang? Supaya tidak bau mulut bagiamana cara mengatasinya? Padahal, ia sudah saya dibiasakan untuk menyikat gigi,  tapi bau mulutnya tetap ada. Apakah penyebab bau mulutnya itu? Apakah ada penyakit lain yang menyebabkan bau mulut? Terima kasih banyak, ditunggu jawabannya.

(Ike, 35, Tangerang)

JAWAB :

Ibu Ike yang baik,

Sekilas mengenai bau mulut atau dalam istilah kedokteran giginya adalah halitosis merupakan bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut. Komponen utama bakteri yang menyebabkan bau mulut adalah hidrogen sulfida dan merkaptan.

Penyebab bau mulut pada anak-anak antara lain :
 
1.    Adanya penyakit jaringan pendukung gigi
2.    Aliran air ludahnya kurang
3.    Tambalan yang tidak tepat
4.    Kumpulan bakteri yang berlebihan di lidah
5.    Sisa makanan yang terdapat di saku gusi
6.    Adanya penyakit sistemik
7.    Konsumsi obat tertentu
8.    Gangguan pencernaan

Hal-hal yang anda bisa lakukan untuk mencegah bau mulut adalah:

1.    Melakukan penyikatan gigi dengan teknik yang tepat dan optimal, yaitu dengan gerakan melingkar besar agar lebih mudah ditiru anak. Buatlah suasana menyikat gigi jadi menyenangkan dan tidak monoton, sehingga anak tidak terburu-buru dalam melakukan sikat gigi. Tidak lupa anda harus ikut membersihkan ulang gigi anak anda, sehingga pembersihan gigi lebih maksimal. Gunakan juga kain kasa yang dibasahi air matang, untuk membersihkan lidah anak anda.

2.    Merangsang aliran air ludah dengan cara banyak makan buah yang berserat dan sayuran hijau, serta banyak mengkonsumsi air mineral,

3.    Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis diantara waktu makan utama, untuk mencegah terjadinya gigi berlubang yang dapat menimbulkan bau mulut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.