Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2012, 10:44 WIB

TANYA : 

Dok saya ingin mendapat penjelasan mengenai penggunaan alat CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) pada penderita sleep apnea Apakah setiap penderita sleep apnea harus menggunakan alat ini sebagai satu-satunya solusi penyembuhan? Apakah alat ini akan digunakan untuk seumur hidup atau akan dilepas apabila kondisi penyakit sudah membaik? Apakah harga alat ini terbilang mahal? Mohon pencerahannya Dok...Salam.

(Eko, 37, Jakarta)


JAWAB :

Bapak Eko,

Pemakaian CPAP paling dianjurkan bagi orang yang menderita sleep apnoe sedang atau berat, karena dengan CPAP akan membantu masuknya udara ke dalam saluran nafas sehingga Anda dapat bernafas dengan lebih mudah, tidur lebih nyenyak dan hidup menjadi lebih sehat.  Pengobatan lainnya yaitu dengan pembedahan untuk memperbaiki masalah dibidang anatomi ( tonsil yang besar, bentuk rahang yang kecil, lidah yang besar dan uvula yang memanjang).

Adapun penggunaan CPAP adalah dipakai pada saat tidur dan tekanannya disesuaikan dengan kebutuhan pasien dan secara berkala dapat dikonsultasikan dengan dokter Anda untuk penyesuaiannya. 

Untuk mendapatkan hasil akhir yang dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik tidak ada kata mahal, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Karena jika sudah menderita penyakit jantung, stroke dan hipertensi maka biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar lagi.

Dijawab oleh : dr. Rebeka Harjati Hadipradja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com