Kompas.com - 07/11/2012, 12:36 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Para peneliti menemukan beberapa tanda penyakit Alzheimer dalam waktu 20 tahun lebih sebelum gejala pertama biasanya terlihat.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Neurology itu menemukan perbedaan di otak dari satu keluarga di Kolombia yang memiliki kecenderungan berkembangnya Alzheimer pada tahap dini.

Pengobatan sejak dini amat dibutuhkan dalam penyakit Alzheimer untuk mencegah rusaknya ingatan dan kemampuan berpikir.

Berdasarkan penelitian tersebut, semakin diyakini bahwa Alzheimer sudah mulai berkembang jauh sebelum disadari oleh penderita. Beberapa penelitian sebelumnya memperlihatkan pengaruh atas otak berlangsung sekitar 10-15 tahun sebelum gejalanya ditemukan.

Tim dari Lembaga Alzheimer Banner di Arizona mengkaji sekelompok pasien di Kolombia yang menderita Alzheimer secara turunan. Dan berlangsungnya mutasi genetika membuat mereka sudah menderita Alzheimer pada usia 40-an walau biasanya baru teridentifikasi pada usia 70-an tahun.

Pemindaian otak atas 20 orang yang mengalami mutasi genetika di kalangan yang berusia 18 hingga 26 tahun memperlihatkan perbedaan dibanding 24 orang yang tidak memiliki kecenderungan untuk menderita Alzheimer.

Setelah sel otak yang mati cukup banyak barulah muncul gejala demensia, dengan kerusakan mungkin sudah mencapai 20 persen dari total sel otak sebelum bisa diidentifikasi.

Perbedaan otak

Para dokter khawatir sudah terlalu banyak sel otak yang rusak ketika penyakit sudah diidentifikasi, sehingga terlalu lambat untuk memberikan pengobatan kepada pasien.

Cairan yang membasahi otak dan tulang belakang juga memperlihatkan kandungan tinggi untuk protein yang disebut beta-amyloid.

Dan para peneliti mengatakan perbedaan tersebut sudah bisa dideteksi lebih dari 20 tahun lebih sebelum gejalanya tampak di kalangan pasien yang memiliki risiko tinggi Alzheimer.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.