Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2012, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling serius di abad ini. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun tak luput dari penyakit diabetes. Bahkan, jumlah kasusnya di Indonesia naik sampai 500 persen dalam tiga tahun terakhir.

Jumlah anak yang menderita diabetes tipe 1 pada tahun 1999 di RS Cipto Mangunkusomo Jakarta hanya 41 pasien. Kemudian pada tahun 2001 hanya ditemukan 64 pasien dari 7 rumah sakit di Indonesia.

Menurut ahli endokrinologi anak, dr. Aman Pulungan Sp.A (K),  sedikitnya data pasien tersebut bukan karena pasiennya tidak ada tetapi karena kita tidak memiliki sistem pendataan.

Menurut pendataan yang dilakukan oleh tim dokter anak endokrinologi sejak tahun 2009, terjadi peningkatan sampai lima kali lipat dari 156 pasien menjadi 816 pasien sampai dengan Oktober 2012.

"Data ini menunjukkan apakah kejadian diabetes tipe 1 mengalami ledakan atau selama ini orang Indonesia tidak tahu tentang penyakit ini," kata Aman yang juga Presiden Asia Pacific Pediatric Endocrine Society dalam acara media edukasi mengenai Diabetes pada Anak yang diadakan oleh PT. Roche di Jakarta, Rabu (7/11/12).

Sementara itu menurut Titi Sari Renowati dari Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, data pasien diabetes tipe 1 yang pernah dirawat inap di tahun 2010 ada 1956 pasien, turun dari tahun 2009 yang mencapai 2880 pasien.

Dijelaskan oleh Aman, diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan kerusakan pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin. Karena itu anak harus mendapatkan suntikan insulin seumur hidupnya.

Gejala diabetes tipe 1 tidak begitu jelas dan baru diketahui pada tahap lanjut. Dengan deteksi dini dan pengelolaan penyakit yang tepat, anak dengan diabetes bisa hidup sehat dan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com