Kompas.com - 07/11/2012, 18:54 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Diabetes atau awam menyebutnya kencing manis adalah penyakit yang identik dengan orang dewasa. Padahal, penyakit ini juga mengintai anak-anak. Karena itulah anak juga perlu melakukan pemeriksaan gula darah.

Pemeriksaan gula darah pada anak, menurut dr.Aman Pulungan Sp.A (K),bisa dilakukan pada usia berapa pun. Bahkan, saat ini cek gula darah menjadi prosedur tetap pada pasien yang masuk ke unit gawat darurat (UGD).

"Anak-anak yang punya faktor risiko terkena diabetes, misalnya anak yang sangat gemuk harus diperiksa kadar gula darahnya," kata Aman dalam acara media edukasi mengenai Diabetes pada Anak yang diadakan oleh PT. Roche Indonesia di Jakarta, Rabu (7/11/12).

Kadar gula darah yang normal pada anak sama dengan kadar gula darah normal bagi dewasa, yakni berkisar 100-140 mg/dl.

Ada beberapa faktor risiko terjadinya diabetes pada anak, antara lain bayi lahir dengan berat badan lebih dari 4 kilogram atau bayi lahir dengan berat badan rendah, menderita obesitas, anak sering buang air kecil, atau berat badan mendadak turun.

Sementara itu pada diabetes tipe 1 dimana pankreas tidak lagi memproduksi insulin, gejalanya tidak mudah dikenali karena itu perlu dilakukan pemeriksaan gula darah.

Jumlah anak yang menderita diabetes di Indonesia terus meningkat dengan jumlah terbanyak adalah diabetes tipe 2. Dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat anak penderita diabetes bisa hidup sehat.  

Untuk mencegah diabetes, orangtua harus memperhatikan kebiasaan makan dan aktivitas fisik anaknya di rumah. Perhatikan pula perkembangan berat badan anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.