Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Menua dengan Cepat...

Kompas.com - 09/11/2012, 05:29 WIB

Oleh MARIA HARTININGSIH dan FITRISIA MARTISASI

Meningkatnya usia harapan hidup adalah kemenangan pembangunan. Namun, tantangannya besar. Dampaknya memengaruhi seluruh aspek kehidupan, khususnya terkait pertumbuhan ekonomi, jaminan pendapatan, dan kesehatan kaum lanjut usia. 

alah satu fenomena terpenting abad ke-21 adalah penuaan penduduk. Laporan Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNFPA, 2012, ”Ageing in the Twenty First Century: A Celebration and A Challenge” memaparkan perubahan demografi di dunia yang tak bisa ditolak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan lanjut usia (lansia) dimulai pada usia 60 tahun.

Peluncuran laporan pada tanggal 1 Oktober 2012 menandai 10 tahun Madrid International Plan of Action on Ageing. Tema peringatan tahun ini adalah ”Umur Panjang; Membentuk Masa Depan”.

”Tak ada kekuatan yang memengaruhi kebijakan sosial-ekonomi pada abad ke-21 sebesar isu penuaan ini,” tegas Eduardo Klien, Direktur Regional Asia Timur dan Pasifik HelpAge International, pada sosialisasi laporan itu di Jakarta, Rabu (31/10) pekan lalu.

Penduduk dunia menua dengan cepat. Laporan itu merekam, setiap detik terdapat dua orang berulang tahun ke-60 di dunia, atau 58 juta setiap tahun. Hari ini, satu dari sembilan orang di dunia adalah lansia. Tahun 2050, seorang lansia di antara 5 penduduk, atau 22 persen dari total penduduk dunia yang diperkirakan berjumlah 9 miliar.

Ledakan lansia

Kepala Perwakilan UNFPA di Indonesia, Jose Ferraris, mengingatkan agar pembuat kebijakan menanggapi serius fenomena ini agar Indonesia mampu meraih deviden usia panjang (longevity benefit).

Asia menghadapi pertumbuhan jumlah populasi lansia yang belum pernah terjadi, khususnya di Asia Timur dan Tenggara. Indonesia akan menjadi salah satu negara yang mengalami penuaan penduduk dengan cepat, setelah China, Amerika Serikat, dan India.

Pakar demografi dari Universitas Indonesia, Prof Sri Moertiningsih Adioetomo–akrab disapa Tuning–mengatakan, meningkatnya jumlah lansia berkaitan dengan penurunan tingkat fertilitas, dibarengi naiknya tingkat kesejahteraan dan kesehatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com