Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hainan Airlines Larang Pilot Berbadan Bau

Kompas.com - 09/11/2012, 14:15 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Apa syarat utama untuk menjadi pilot sebuah maskapai penerbangan? Syarat utama tentu bisa mengemudikan pesawat terbang, lalu pengalaman menjadi pilot pastinya lebih diutamakan.

Namun, maskapai penerbangan terbesar keempat di China, Hainan Airlines, memiliki syarat khusus bagi para calon pilot maskapai tersebut. Syarat itu adalah para pilot dilarang memiliki bau badan yang tidak enak.

Demi mendapatkan pilot bertubuh "wangi", bagian perekrutan Hainan Airlines pun harus rela "mengendus" tubuh para calon pilot, termasuk mencium ketiak mereka.

Nampaknya, syarat ini terlalu dibuat-buat. Namun, Hainan Airlines mengatakan tes bau badan ini dilakukan karena kru pesawat terbang harus selalu berhubungan dekat dengan para penumpangnya.

"Tak ada penumpang yang ingin mencium bau badan tak enak dari tubuh pilot. Jika mereka bisa tetap tenang dalam ujian ini, maka mereka tak akan berkeringat di dalam kokpit," ujar salah seorang penguji.

Tes bau badan ini memang memakan korban. Salah seorang calon pilot sudah lulus di semua ujian, kecuali ujian bau badan ini.

"Saya tersingkir karena bau ketiak saya," kata seorang calon pilot yang tak ingin disebut namanya.

Jadi jika ingin melamar menjadi pilot, ada baiknya pelamar memakai minyak wangi terlebih dulu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com