Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2012, 11:12 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ikatan emosional yang erat dengan pasangan, teman, dan keluarga, berpengaruh cukup besar dalam membantu seorang wanita penderita kanker payudara dalam melawan penyakitnya.

Wanita yang secara sosial terisolasi beresiko 61 persen meninggal dalam kurun waktu tiga tahun sejak penyakitnya didiagnosa. Para ahli mengatakan, dukungan emosional adalah faktor yang krusial dalam penyembuhan penyakit.

Penelitian mengenai kaitan antara ketahanan menghadapi kanker payudara dengan dukungan emosional keluarga dan teman tersebut dilakukan oleh tim dari Kaiser Permanente di California, AS. Penelitian itu melibatkan 2,264 wanita yang terdiagnosa kanker payudara.

Para wanita itu ditanyai mengenai hubungannya dengan suami, ibu yang masih hidup, saudara atau sahabat yang mendukung mereka. Jawaban para pasien itu diberikan dalam bentuk skor untuk merefleksikan kedekatan emosional yang dimilikinya.

"Kami menemukan bahwa wanita yang punya ikatan sosial lemah memiliki risiko kematian lebih besar dibanding dengan mereka yang mendapat dukungan emosional dari orang-orang yang menyayanginya," kata ketua peneliti Dr.Candyce Kroenke.

Ia menambahkan, sebenarnya yang lebih penting bukan jumlah teman atau anggota keluarga, tetapi kualitas dari hubungan tersebut. Bahkan wanita yang tidak dekat secara emosi dengan keluarga atau temannya tapi aktif dalam komunitas juga memiliki usia harapan hidup lebih tinggi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com