Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.116 Warga Sulut Terinfeksi AIDS

Kompas.com - 14/11/2012, 20:55 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Provinsi Sulawesi Utara kini harus waspada dengan peningkatan jumlah pengidap HIV/AIDS. Pasalnya dari pertemuan menyambut Peringatan Hari AIDS Sedunia, Rabu (14/11/2012) terungkap data bahwa hingga Agustus 2012, warga Sulut yang terinfeksi HIV/AIDS sebanyak 1.116 orang.

Jumlah ribuan warga yang terinfeksi tersebut membuat Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil prihatin dan meminta upaya pencegahan harus terus dilakukan. "Harus segera diambil langkah pencegahan yang melibatkan pemerintah daerah, baik provinsi maupun pemerintah kabupaten kota," kata Kansil.

Seluruh elemen masyarakat harus bergerak dan bersatu untuk memberantas penyakit yang mematikan itu dengan menyosialisasikannya hingga ke desa-desa. Pada kesempatan itu juga, Kansil meminta seluruh SKPD di lingkungan Pemrov Sulut pada tahun anggaran 2013 harus menyiapkan dana untuk mendukung pencegahan penyebaran HIV-AIDS.

Semestinya Pemerintah Provinsi Sulut bisa lebih maksimal dalam pencegahan HIV-AIDS, karena Sulut telah memiliki Pergub No. 10 Tahun 2011 yang mengatur tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS. Dan mungkin baru Sulut yang memiliki Pergub seperti itu di Indonesia.

Untuk memperingati Hari AIDS Sedunia maka Pemerintah Provinsi Sulut akan menggelar acara Gebyar Anti AIDS yang akan dilaksanakan pada 30 November mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com