Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2012, 09:03 WIB

TANYA :

Dok, pada saat saya membaca atau menonton film yang berbau seksual, saya akan merasa terangsang, tetapi vagina saya akan sakit dan basah. Mohon jelaskan mengapa saya mengalami hal seperti itu? Apakah rasa sakit itu akan terus terjadi pada saat saya melakukan hubungan intim nanti dengan suami saya? Terimakasih dok atas jawabannya.

(Taylor Sweitchnedger, 20, Bali)

JAWAB :

Ketika terangsang, wajar vagina menjadi basah karena proses perlendiran. Ini peristiwa yang wajar dan normal terjadi pada perempuan sehat dan normal secara seksual. Tetapi kalau juga disertai rasa sakit pada vagina, tentu ini bukan sesuatu yang normal.

Namun mungkin perlu dijelaskan lebih jauh, rasa sakit seperti apa yang Anda alami. Yang pasti dalam keadaan sehat perlendiran vagina ketika terangsang tidaklah disertai rasa sakit. Ataukah rasa sakit yang Anda maksud sebenarnya suatu ketegangan otot?

Kalau perasaan tegang sekitar vagina, mungkin saja ini karena kontraksi otot. Kalau ini yang terjadi, bukanlah sesuatu yang perlu dirisaukan.Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh dan mendapat pemeriksaan agar dapat dipastikan apa yang sebenarnya Anda alami.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com