Kompas.com - 19/11/2012, 09:03 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, pada saat saya membaca atau menonton film yang berbau seksual, saya akan merasa terangsang, tetapi vagina saya akan sakit dan basah. Mohon jelaskan mengapa saya mengalami hal seperti itu? Apakah rasa sakit itu akan terus terjadi pada saat saya melakukan hubungan intim nanti dengan suami saya? Terimakasih dok atas jawabannya.

(Taylor Sweitchnedger, 20, Bali)

JAWAB :

Ketika terangsang, wajar vagina menjadi basah karena proses perlendiran. Ini peristiwa yang wajar dan normal terjadi pada perempuan sehat dan normal secara seksual. Tetapi kalau juga disertai rasa sakit pada vagina, tentu ini bukan sesuatu yang normal.

Namun mungkin perlu dijelaskan lebih jauh, rasa sakit seperti apa yang Anda alami. Yang pasti dalam keadaan sehat perlendiran vagina ketika terangsang tidaklah disertai rasa sakit. Ataukah rasa sakit yang Anda maksud sebenarnya suatu ketegangan otot?

Kalau perasaan tegang sekitar vagina, mungkin saja ini karena kontraksi otot. Kalau ini yang terjadi, bukanlah sesuatu yang perlu dirisaukan.Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh dan mendapat pemeriksaan agar dapat dipastikan apa yang sebenarnya Anda alami.    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.