Kompas.com - 20/11/2012, 10:03 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Tidak bekerja alias menganggur ternyata bukan cuma berdampak pada finansial tapi juga kesehatan jantung. Demikian menurut penelitian yang mengaitkan antara pengangguran dengan serangan jantung pada karyawan yang berusia tua.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa lebih dari 13.000 pria dan wanita berusia 51-75 tahun. Sejak tahun 1992, partisipan studi ini diwawancara setiap dua tahun sekali mengenai status pekerjaan dan kesehatan mereka.

Stres akibat kehilangan pekerjaan terutama meningkatkan risiko serangan jantung pada orang yang mengalami penyumbatan arteri atau penyakit jantung. Meski begitu tersedianya asuransi kesehatan dan akses pada layanan kesehatan bisa membantu para karyawan tersebut tetap sehat.

Penelitian itu dilakukan antara tahun 1992-2010. Hampir 70 persen responden setidaknya mengalami kehilangan pekerjaan satu kali atau menganggur. Angka serangan jantung yang tercatat sekitar 1.061 selama periode penelitian.

Mereka yang mengalami kehilangan satu pekerjaan dalam kurun waktu tersebut risikonya terkena serangan jantung 22 persen lebih tinggi dibanding yang tetap bekerja. Mereka yang mengalami empat kali kehilangan pekerjaan risikonya meroket sampai 60 persen. Baik pria dan wanita menghadapi risiko yang sama.

Kendati begitu sebenarnya faktor risiko pengangguran tidak terlalu tinggi karena banyak responden yang sebelumnya sudah punya faktor risiko lain seperti obesitas, hipertensi atau kurang olahraga.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.