Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2012, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Saat bayi sudah bisa tengkurap, orangtua akan merasa bangga. Kemampuan tengkurap diawali dengan kemampuan bayi mengangkat kepalanya dan berguling. Keterampilan ini mulai terlihat ketika bayi memasuki usia dua bulan.

Sebelum menstimulasi keterampilan tengkurap, cermati terlebih dahulu kemampuan bayi mengangkat kepalanya. Bantu bayi mengangkat kepala, caranya menggoyang-goyangkan mainan warna-warni yang berbunyi agar merangsang bayi untuk mengangkat kepala hingga lehernya kuat.

Bila lehernya sudah kuat dan ia mampu mengangkat kepalanya, rangsang bayi untuk berguling. Caranya silangkan paha bayi agar badannya ikut bergerak miring, sehingga memudahkan bayi berguling dan tengkurap.

Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi, kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan untuk memancing kembali bayi berguling dan tengkurap.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com