Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2012, 13:04 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Menghabiskan sepuluh menit bersama perokok di dalam mobil ternyata menimbulkan ancaman yang serius pada anak. Pasalnya, paparan  asap rokok di dalam kendaraan dapat memberikan polusi 30 persen yang lebih tinggi bagi anak. Bahkan membuka jendela kaca pun tidak dapat mengurangi dampaknya.

Para peneliti di Amerika Serikat mengukur kualitas udara di dalam kendaraan yang tidak sedang dijalankan setelah sebelumnya diisi asap rokok selama satu jam. Pengukuran dilakukan di kursi belakang kendaraan dengan kapasitas bernafas anak. Pengukuran pertama dengan jendela depan dibuka sepenuhnya dan kedua dengan jendela yang dibuka hanya sekitar empat inchi.

Peneliti juga mengukur tingkat polusi udara di luar mobil. Jenis-jenis polutan yang diukur di dalam dan di luar mobil disebabkan baik dari asap rokok dan mobil, termasuk partikulat, hidrokarbon aromatik polisiklik (HAP), karbon monoksida dan nikotin. Para penelitian mencatat, paparan HAP, secara khusus, dihubungkan dengan masalah sistem imun, pernafasan, perubahan IQ dan alergi.

Hasil tes menunjukan tingkat polusi di dalam mobil dengan kedua pengaturan pembukaan jendela, tiga kali lebih tinggi daripada yang diukur di luar mobil. Hasil ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Tobacco Control. Menurut jurnal, tingkat polusi di dalam mobil bahkan lebih tinggi daripada yang diukur di restoran maupun bar.

"Anak-anak lebih rentan daripada orang dewasa, dan ditambah lagi mereka adalah perokok pasif di kendaraan," tulis Dr. Amanda Northcross, dari Universitas California di Berkeley.

 

Hasil dari penelitian ini disimpulkan untuk mencegah anak-anak yang terpapar asap rokok di mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+