Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2012, 11:34 WIB

KOMPAS.com – Mencuci wajah adalah salah satu bagian penting dari perawatan tubuh.  Selain harus dilakukan secara rutin,. penting pula artinya untuk memperhatikan cara mencuci wajah karena menurut para ahli, cara mencuci dapat mempengaruhi penampilan, kesehatan dan kebersihan kulit wjah.

Dr. Thomas Rohrer, dermatolog di Chestnut Hill, AS,  dalam sebuah rilis American Academy of Dermatology menyatakan penting artinnya untuk memperlakukan wajah dengan baik.  Kulit pada bagian wajah butuh perhatian khusus,.

"Jangan pernah menggunakan scrub ataupun produk kasar lainnya. Hal itu dapat menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga membuatnya kelihatan lebih buruk,” pesan Rohrer.

Dalam rangka Bulan Kesehatan Kulit  Nasional di Amerika Serikat yang jatuh pada bulan November, Rohrer menawarkan beberapa tips untuk mencuci muka. Berikut adalah tip-tip mencuci wajah  agar tetap sehat :

1. Gunakan pembersih yang lembut, non-abrasif, dan bebas alkohol.

2. Setelah membasuh muka dengan air hangat, oleskan pembersih perlahan pada wajah. Penggunaan spons handuk basah, ataupun benda lainnya dapat melukai wajah, sehingga cukup gunakan ujung jari.

3.Jangan gunakan scrub, karena dapat mengiritasi kulit.

4. Bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk lembut.

5. Beri pelembab untuk kulit kering dan sensitif. Untuk kulit sekitar mata usapkan pelembab dengan lembut karena bagian ini merupakan area paling sensitif di wajah.

6.Jangan mencuci muka terlalu sering. Cukup dua kali sehari, atau ketika mengeluarkan banyak keringat. Ketika berkeringat dengan sangat banyak, hendaklah segera mencuci muka untuk menghindari masalah kulit seperti jerawat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com