Kompas.com - 28/11/2012, 15:46 WIB
Penulis Adi Sucipto
|
EditorRusdi Amral

LAMONGAN, KOMPAS.com - Hingga Oktober 2012, sebanyak 67.366 atau 73,24 persen dari 91.983 balita di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, rutin dibawa ke Pos Pelayanan Terpadu. Tingkat kunjungan balita ke Posyandu diatas target 72 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, Fida Nuraida Rabu (28/11/2012) menyatakan, dengan semakin banyak dan rutin balita yang dibawa ke Posyandu, semakin banyak balita yang bisa dipantau tumbuh kembangnya. Ia menyebutkan dari total 67.366 balita yang dibawa ke Posyandu, sebanyak 51.173 anak di antaranya berat badannya naik,11.405 balita lainnya berat badannya turun.

"Dengan begitu kami bisa melakukan diagnosis dan penanganan. Saat kegiatan di Posyandu, balita diberikan pelayanan kesehatan seperti penimbangan, imunisasi dan penyuluhan gizi serta pemberian asupan makanan tambahan, " ujar Fida.

Tahun ini, Posyandu Mawar, Kelurahan Tologoanyar, Kecamatan Lamongan meraih penghargaan Posyandu Teladan. Puskesmas Paciran terpilih sebagai Puskesmas Teladan, Tenaga Medis Teladan drg Hari Budiono (Puskesmas Paciran), dan Tenaga Keperawatan Teladan Lathifah Zahroh (Puskesmas Tlogosadang). Penghargaan Tenaga Kesehatan Masyarakat teladan diberikan kepada Esti Wulandari (Puskesmas Turi).

Fida menyebutkan, Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) akan mulai dilaksanakan pada 2014 secara bertahap hingga 2019. Tujuannya agar seluruh penduduk dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang komperehensif dan bermutu tanpa kendala pembiayaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.