Kompas.com - 29/11/2012, 18:47 WIB
EditorDini

SEOUL, KOREA SELATAN, KOMPAS.com - Jika bertandang ke Korea, tak perlu heran jika hampir di seluruh kawasannya Anda bisa menemukan klinik kecantikan dengan sangat mudah. Bahkan, Dr Moon Hyoung Jin dari Navy Plastic Surgery, Gangnam, Seoul, mengungkapkan di seputaran Gangnam terdapat ratusan klinik kecantikan yang memungkinkan pasien melakukan operasi plastik.

Berbagai prosedur kecantikan seperti bone structure (operasi perubahan susunan tulang), rhinoplasty (operasi hidung), sampai operasi mata, ditawarkan untuk masyarakat. Prosedur kecantikan ini menjadi sangat populer di Korea karena minat yang tinggi dari warganya.

Dr Moon juga memuji tingkat keberanian warga Korea melakukan berbagai prosedur ini untuk mendapatkan wajah yang sempurna. Bahkan, banyak di antara pasien bedah plastik yang masih berusia remaja. Keberanian para remaja Korea juga didasari oleh adanya kemajuan teknologi kecantikan.

"Seiring berjalannya waktu, teknik yang dimiliki para dokter ini semakin banyak dan meningkat. Dokter yang berkualitas serta banyaknya teknik yang dikuasai semakin membuat pasien antusias untuk mendapatkan wajah sempurna," tambah Dr Moon, saat "Restylane Korea Beauty Trip" di Korea Selatan, beberapa waktu lalu.

Di Korea sendiri, remaja yang tertarik untuk melakukan operasi ini meningkat 10 persen dari tahun ke tahun. Tak heran jika orang yang tertarik untuk menjadi ahli dermatologi dan dokter bedah plastik juga meningkat. "Sampai saat ini sudah ada sekitar 500 dermatolog dan 200 dokter bedah plastik di Korea," ungkapnya.

Hanya saja, untuk mendapatkan prosedur kecantikan ini mereka harus membayar dengan harga yang cukup mahal. Satu kali prosedur operasi hidung biayanya berkisar Rp 20-50 juta, operasi mata mulai dari Rp 20 juta ke atas, dan bone structure untuk mendapatkan wajah V shape Rp 60 juta.

Meskipun biaya operasi ini tidak terlalu jauh berbeda dengan biaya operasi plastik di Hongkong ataupun Singapura, namun banyak orang yang lebih tertarik untuk operasi plastik di Korea. Mewabahnya budaya pop Korea yang disebut K-Pop turut memicu larisnya prosedur bedah plastik. Wajah mulus dan kencang, bentuk mata yang besar, wajah yang V-shape, serta hidung mancung sebagian besar aktor dan penyanyi Korea membuat banyak orang di seluruh dunia iri.

Tak heran, kini Korea menjadi pusat operasi plastik dunia. "Dari seluruh negara di dunia, Malaysia, Hongkong, Thailand, Singapura, dan Indonesia adalah negara yang paling banyak melakukan prosedur ini di Korea dibanding negara-negara di Eropa," tambahnya.

Sekalipun Korea kini menjadi destinasi operasi plastik, namun operasi plastik yang dilakukan hanya terbatas pada mengubah wajah saja. "Operasi plastik Korea hanya berfokus pada perubahan wajah, bukan pada operasi kelamin. Jika Korea pusatnya operasi plastik wajah, maka Bangkok adalah pusat operasi kelamin," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.